Skip links

Dasa Wisma

Pengertian Kelompok Dasa Wisma

Dasa wisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi,adalah beberapa contoh tanggungjawab ketua dawis, untuk kemudian hasilnya diteruskan ke ketua PKK.. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan (PKK), pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran).

Kelompok Dasa Wisma adalah kelompok yang terdiri dari 10 – 20 kepala keluarga (KK) dalam satu RT. Setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua.

Pengembangan Desa Siaga dilaksanakan melalui pembentukan Poskesdes, yaitu salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat ( UKBM ) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan / menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa yang meliputi kegiatan peningkatan hidup sehat ( promotif ), pencegahan penyakit ( preventif ), pengobatan (kuratif) yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan ( terutama bidan ) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela lainnya. Desa Siaga dikembangkan melalui penyiapan masyarakat, pengenalan masalah, perumusan tindak lanjut pencapaian khususnya kesepakatan pembentukan Poskesdes dan dukungan sumberdaya.

  1. Kerangka Pikir

Kerangka pikir pertama adalah bahwa Desa Siaga akan dapat terwujud apabila manajemen dalam pelaksanaan pengembangannya diselenggarakan secara paripurna oleh berbagai pihak (unit-unit kesehatan dan pemangku kepentingan lain yang terkait).

Hasil pemantauan oleh masyarakat diinformasikan kepada petugas kesehatan atau unit yang bertanggung jawab untuk dapatnya diambil tindakan penanggulangan secara efektif dan efisien. Kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat merupakan kegiatan dalam rangka kewaspadaan dini terhadap ancaman muncul atau berkembangnya penyakit/masalah kesehatan yang disebabkan antara lain oleh status gizi, kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat (surveilans).

  1. Tujuan Dasa Wisma
BACA  Keamanan

Tujuan kelompok Dasa Wisma ini adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK kelurahan. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran)

Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut yang berbasis masyarakat adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan.

Dasa Wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK di tingkat desa,yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

  1. Masalah kesehatan dari Anggota Dasawisma

Beberapa masalah kesehatan yang menjadi jangkauan kerja dari anggota dasawisma sebagai berikut :

  1. Usaha perbaikan gizi keluarga.
    2.  Masalah pertumbuhan anak.
    3.  Makanan sehat bagi keluarga.
    4.  Masalah kebersihan lingkungan.
    5.  Masalah bencana dan kegawatdaruratan kesehatan termasuk resikonya.
    6.  Masalah kesehatan ibu, bayi dan balita.
    7.  Masalah penyakit
  2. Peran Dasa Wisma

Dasawisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. Untuk itu, di harapkan agar Dasawisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah karena sebagai mitra.

Banyak hal yang dapat dilakukan melalui dasawisma seperti melaksanakan kegiatan kerjabakti,  mengadakan lomba mengambil jentiknya sehingga dapat mengantisipasi munculnya penyakit demam berdarah. Selainitu, terutama dalam hal administrasi, dengan mengupdate data di setiap kepala keluarga, usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (KB). Dengan begitu Keberadaan dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan, sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat sasaran.

BACA  Karang Taruna

Data dari : https://penglumbaran.desa.id/opensid/index.php/first/artikel/195

Susunan Pengurus Karang Dasa Wisma Desa Bona

Nama  Jabatan
JRO PRABANDARI
NI KETUT SURATNI
GUSTI AYU SEKAR
NI KETUT SUKERTI
NI WAYAN TAGEL
PANDE NYOMAN DIPAWATI
GUSTI AYU WIRATNATI
GUSTI AYU SUASTI
GUSTI AYU RAKA
KADEK PUSPA
NI NYOMAN SURYANI
IDA AYU PARWATI
NI NYOMAN ALIT
NI LUH DE SURIATI
NI WAYAN KASMIATI
NI LUH LARASASIH
NI KOMANG JULIANI
I GUSTI AYU JUNTINI
NI LUH SUTIASIH
NI PUTU MELY
NI NYOMAN RAI ASMINI
I GUSTI AYU PADMIARI
I GUSTI AYU SRI
DESAK PUTU OKAYANI
I GUSTI AYU SASIH
I GUSTI AYU KECANA DEWI
I GUSTI AYU SUMERTI
SANG AYU PUTU PERNIWATI
JERO JEPUN
NI WAYAN KERTI
NI MADE TAMAN SRIASIH
JERO PADMA
PUTU ENI ANTARI
I GUSTI AYU DWI ANTARI
NI KADEK SUDIANI
I GUSTI PUTU WATI
I GUSTI AYU KARIASIH
NI KETUT ALIT SETIANI
NI PUTU SUYANTI
NI WAYAN ARIWATI
NI KETUT SUMIATI
NI NYOMAN MARIANI
LUH AYU NOPITA SARI
JERO GADUNG
NI MADE SUKADANI
NI WAYAN PURWANTI
JERO SARI
NI WAYAN SUTAMI
NI WAYAN AKAWATI
MADE ASIH
GUSTI PUTU NURIANI
JERO NEGARA
I GUSTI AYU ANA
NI NYOMAN AYU MADMA
IDA AYU MADE KARTIKA
SANG AYU MADE PUSPA DEWI
NI WAYAN SARBI